Donasi Blog


Perbedaan Windows 16bit dan 32bit


Baru-baru ini, Windows 7 telah berhasil meningkatkan popularitas komputerisasi 64-bit, bahkan sampai ke pengguna rumahan, tetapi kebanyakan dari mereka tidak mengerti apa sebenarnya maksud dan kegunaan dari 64-bit tersebut, bahkan mungkin saja ada yang belum sadar bahwa mereka telah menggunakannya.

Apa yang dimaksud 64-bit? Dalam konteks diskusi tentang komputer pribadi 32-bit dan 64-bit, format XX-bit mengacu pada besarnya register CPU.

Register disini adalah jumlah penyimpanan yang digunakan oleh CPU ketika CPU tersebut menyimpan data. Hal ini diperlukan untuk mempercepat akses data sehingga kinerja dari komputer tetap optimal. Sehingga jika didasarkan pada besarnya register tersebut, CPU dengan register 64-bit dapat memproses data lebih banyak dibandingkan dengan CPU 32-bit yang lebih cepat dari CPU 16-bit dan 8-bit. Semakin banyak ruangan yang tersedia dalam sistem register CPU, maka semakin banyak juga proses yang dapat ditangani, khususnya dalam hal sistem memori. Sebagai contoh, sebuah CPU dengan register 32-bit, akan memmpunyai plafon sebanyak 232 alamat dalam register, sehingga kecepatan akses-nya juga terbatas hanya sampai 4GB RAM. Ini akan kelihatan besar sekali jika kita terapkan di zaman 40 tahun yang lalu, tapi tidak jika diterapkan pada komputer modern seperti sekarang ini





Di tahun 2000-an, orang-orang dibuat bingung dengan versi 64-bit. Buat apa menggunakan versi 64-bit, sedangkan sedikit sekali driver yang support. Di tahun 2001, kemudian Microsoft merilis Windows XP 64-bit Edition, tapi tetap saja dengan support driver yang terbatas. Tahun selanjutnya, OS X Panther dan Linux Distributions mulai membuat CPU yang support 64-bit dalam beberapa kapasitas. Selama 5 tahun, Mac OS X belum sepenuhnya bisa support 64-bit dengan merilis OS X Leopard. Kemudian, Microsoft membuat versi support 64-bit dengan Windows Vista-nya, tapi tetap saja, minim sekali driver yang support, sampai akhirnya keluarlah Windows 7 yang dapat mem-populerkan proses komputer 64-bit hingga ke pengguna rumahan.




--pict--
Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah komputer bisa menjalankan OS 64-bit. Untuk mengetahui OS yang sedang dipakai di komputer, Windows 32-bit atau Windows 64-bit, sangatlah gampang, yaitu hanya dengan meng-klik kanan Computer yang ada pada menu Start program, kemudian pilih Properties. Langkah tersebut akan mengantarkan kita pada menu System Properties (seperti tampak pada gambar diatas)




6 comment to "Perbedaan Windows 16bit dan 32bit"

Posting Komentar

Silakan kasih comment disini. Blog ini sudah dofollow

BlogCatalog

Sport Blogs - Blog Catalog Blog Directory
  • Welcome Message

    This blog is a personal website owned by Irwan. Includes profiles, movies, books, sports, downloads, gallery, and personal opinions about current issues. Anything can be share on this blog. This blog has already been dofollow blog. Drop your comment on each article you like.
  • 125x125 Ads2
  • Entri Populer

    About Me

    Foto Saya
    I'am not the best but I try to be best.

    Yahoo Messenger

    Page Views Counter

    Follower

    Follow me

    Backlink:
    Tukar Link Iklanku Rumah Blogger - Blog Directory Indonesia nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia Blogs Directory BloggingGratis Top 1,000,000 Sites : Blog With Dofollow Submit Link to Allinks Directory - Friendly quality web links directory. Web sites organized by category. Links exchange.

    Search Engine Optimization and SEO Tools
    Search Engine Submission - AddMe Promote your blog

    Tags

    alexa rank