Minggu, Agustus 22, 2010

Membuat Banner Blog dengan Adobe Photoshop

Membuat banner blog dapat dilakukan dengan beragam cara. Jika pengen yang cepet dan segera jadi bisa dengan berkunjung ke website yang memang menyediakan fasilitas pembuatan banner misalnya mybannermaker.com. Hanya sayangnya pada hasil akhir dari banner kita ada tambahan tulisan "mybannermaker.com" pada bagian bawah banner kita....

Hmm cara yang lain bisa dengan mengutak-atik sendiri menggunakan Adobe Photoshop CS2.
Tutorial ini terbagi menjadi 3 bagian. Pada bagian pertama ini akan dibuat bingkai dan teks sederhana dengan Adobe Photoshop. 

Selengkapnya sebagai berikut:
  1. Buka Adobe Photoshop CS2
  2. Buka file baru dengan mengklik menu File>New. Pada kotak dialog New
a. Name: Beri nama file dengan nama Anda.
b. Width: 125 pixels
c. Height: 125 pixels
d. Resolution: 100 pixels/inch
e. Color mode: RGB 8 bit
f. Background Content: Transparent.(*)
g. Color Profile: Working RGB: sRGB IEC61966-2.1
h. Pixel Aspect Ratio: Square
i. Klik OK
  1. Buatlah background untuk banner Anda dengan menggunakan Rectangle Tool (U). Sesuaikan dengan ukuran kanvas. Jika sudah ubahlah menjadi Shape dengan mengklik menu Layer >Raterized >Shape.Buatlah bidang seleksi berbentuk Marquee (kotak) dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool (M) di atas background lalu klik menu Edit >Clear, sehingga background Anda berbentuk list kotak (bingkai).
  2. Buatlah teks nama Blog Anda (contoh, Impressive) di tengah-tengah bingkai menggunakan Horizontal Type Tool (T). Sesuaikan ukuran teks dengan bingkai menggunakan Move Tool.
  3. Tambahkan efek Bavel and Embos dengan mengklik menu Layer >LayerStyle >Bevel and Embos (tambahkankan pengaturan lain jika Anda mau seperti drop shadow, inner shadow, outer glow, dll) klik OK jika sudah.
  4. Save dahulu pekerjaan Anda bagian pertama ini.

Lanjut ke bagian kedua:

4 komentar:

Silakan kasih comment disini. Blog ini sudah dofollow