Minggu, Agustus 22, 2010

Membuat Animasi Teks pada Banner Blog


Tulisan ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya yang berjudul: Membuat Banner Blog dengan Adobe Photoshop. Setelah pada tutorial sebelumnya membahas mengenai pembuatan kanvas banner dan teks sederhana maka sekarang kita lanjutkan membuat agar teks tersebut dapat "berkedip-kedip".

Langkah-langkah selengkapnya adalah sebagai berikut:
  1. Masih di Adobe Photoshop CS2 dengan banner Anda yang sudah setengah jadi pada bagian pertama di atas.
  2. Berpindahlah sekarang ke dalam menu editing Adobe ImageReady CS2 dengan mengklik menu File >Edit in ImageReady (Ctrl+Shift+M). Tunggu sebentar, maka lembar kerja Adobe ImageReady CS2 akan terbuka.
  3. Perhatikan, untuk membuat animasi “teks berkedip” Windows Animasi harus tersedia, jika belum ada, Anda bisa memunculkannya dengan mengklik menu Window>Animation.
  4. Untuk membuat animasi, pertama-tama kita akan bekerja dengan menu Layers. Klik ikon mata pada layer teks nama Anda. Sehingga ikon mata tidak terlihat dan otomatis teks nama Anda pun tidak terlihat. Sedangkan untuk bingkai biarkan saja terlihat.
  5. Pindahlah ke jendela Animation, lalu klik ikon Duplicate Current Frame. Anda sekarang mempunyai dua frame di jendela animation. Klik ikon mata pada layer teks nama Anda sehingga terlihat. Hasilnya frame pertama teks nama Anda tidak terlihat sedangkan pada frame yang kedua teks nama Anda terlihat.
  6. Sekarang aturlah waktu “teks berkedip” pada jendela Animation. Klik pada Selects Frame Delay Time di bawah frame pertama dan kedua di jendela animation. Contoh: Beri waktu 0.5 pada kedua frame.
  7. Untuk mencoba animasi teks Anda klik Plays/Stops Animation masih di jendela animation.
  8. Kalau waktu berkedipnya sudah terasa cukup (tidak terlalu cepat juga tidak terlalu lambat)
  9. Langkah berikutnya, simpan pekerjaan Anda dengan mengklik menu File >Save Optimized (Ctrl+Alt+S). Pada Save as Type Anda pilih extensi Image Only (*.gif) klik Save.
.
source: hakimtea.com




.

3 komentar:

Silakan kasih comment disini. Blog ini sudah dofollow