Sabtu, Maret 20, 2010

Sinopsis film Avatar

James Cameron kembali menggrebak dengan film terbarunya Avatar. Konon scenario film ini telah dibuat jauh sebelum film James Cameron sebelumnya, Titanic, yang diluncurkan pada tahun 1997. Sekilas judul film ini mengingatkan penggemar kartun dan pemirsa televisi Indonesia pada serial Avatar yang hingga kini masih diputar di stasiun Global TV. Padahal diantara kedua avatar itu tidak ada hubunganya.

 
Topik mengenai keserakahan manusia kembali diangkat menjadi tema film. Agaknya Hollywood masih mengganggap film dengan tema-tema sejenis memiliki pasar tersendiri. Film Avatar berkisah sekelompok ilmuwan yang menemukan kandungan mineral berharga ratusan juta dollar di dalam perut Pandora, sebuah planet dan pulau yang terletak jauh dari galaksi Bima Sakti. Penemuan ini akhirnya menggerakkan militer untuk turut serta berperan mengeksplorasi kandungan alam didalamnya. KOndisi alam di Pandora berbeda jauh dengan kondisi di Bumi. Disini terdapat berbagai macam makhluk hidup, hutan yang sangat indah, subur dan satu hal lagi … sangat menakutkan karena alam liarnya. Sehingga dikembangkanlah apa yang disebut dengan proyek Avatar. Avatar adalah makhluk buatan yang memiliki kemiripan baik biologis maupun fungsional dengan Na’vi, penduduk asli Pandora. 

Jack Scully merupakan tentara US Marine yang terpilih dari bumi untuk bekerja dalam proyek Avatar. Bersama dengan rekanya Scott, Jack bertugas untuk memata-matai apa saja yang ada di Pandora. Meskipun Jack merupakan tentara terlatih di Bumi namun mengingat kondisi ekstrim Pandora membuatnya nyaris terbunuh sebelum akhirnya berhasil diselamatkan oleh Neytiri, penduduk asli dan putri ketua kelompok Na’vi. Adanya Neytiri memudahkan Jack untuk menyelidiki rahasia yang dimiliki oleh Na’vi dan Pandora. Minggu berganti minggu Bulan berganti bulan setiap malam ketika avatarnya tertidur, Jack kembali ke bentuk aslinya sebagai manusia. Sampai akhirnya Jack berhasil menguasai pengetahuan alami suku Na’vi. Bahkan ia diangkat menjadi salah satu bagian dari keluarga besar suku tersebut.

Masalah timbul ketika pasukan militer akan menghancurkan Pohon Kehidupan suku Na’vi karena mineral yang dicari-cari selama ini berada tepat dibawah pohon tersebut. Jack dipaksa untuk memilih apakah tetap setia pada tujuan utamanya sebagai mata-mata miter atau kepada Na’vi. Kelanjutan film ini seterusnya dapat ditebak dengan mudah. Jack berbalik memihak pada Na’vi untuk membantu mempertahankan Pandora dari serangan militer. Melalui aksi heroic dengan bantuan suku-suku lainnya serta makhluk-makhluk di Pandora akhirnya pertempuran dapat dimenangkan. Manusia dapat diusir dari planet Pandora. Yang tertinggal hanya Jack, Scott dan ilmuwan Green.

Film Avatar dijagokan akan merebut Best Picture pada perhelatan Academy Award tahun ini. Namun entah mengapa, film laris yang hingga minggu ini mampu menduduki chart US Box Office gagal dan kalah dari film The Hurt Locker sebagai film terbaik. Kehebohan Avatar bukan hanya disebabkan ceritanya yang menarik namun juga cerita dibalik layarnya. Hingga saat ini Avatar disebut-sebut sebagai salah satu film termahal yang biaya produksinya konon mencapai lebih dari $500,000,000. Biaya sebesar ini tertutupi dengan pendapatanya yang sangat sensasional. Avatar mampu meraup pendapatan hingga $2,619,979,626 worldwide.

2 komentar:

Silakan kasih comment disini. Blog ini sudah dofollow